Timor Expedition – Cara baru memperkenalkan Nusa Tenggara Timur

Ada banyak cara mengekspresikan kecintaan seseorang kepada sesuatu, dalam hal ini yang menjadi fokus utama yang akan saya ceritakan adalah kecintaan terhadap Nusa Tenggara Timor.

Belum lama ini lahir sebuah pemikiran dan terobosan baru dari Putra Putri Daerah atau Anak Muda Kreatif yang rindu untuk memperkenalkan Nusa Tenggara Timur di Indonesia bahkan Mancanegara. Putra Putri Daerah menamakan diri mereka sebagai Timor Expedition.

Sebelum saya menjelaskan apa saja yang akan mereka lakukan, ada baiknya kita membaca sedikit selayang pandang Nusa Tenggara Timur yang dikutip langsung dari Wikipedia.

Selayang Pandang Nusa Tenggara Timor

Nusa Tenggara Timur merupakan sebuah provinsi di Indonesia yang meliputi bagian timur Kepulauan Nusa Tenggara. Provinsi ini memiliki ibu kota di Kota Kupang dan memiliki 22 kabupaten/kota. Provinsi ini terdiri dari beberapa pulau, antara lain Pulau Flores, Pulau Sumba, Pulau Timor, Pulau Alor, Pulau Lembata, Pulau Rote, Pulau Sabu, Pulau Adonara, Pulau Solor, Pulau Komodo dan Pulau Palue. Provinsi ini terdiri dari kurang lebih 550 pulau, tiga pulau utama di Nusa Tenggara Timur adalah Pulau Flores, Pulau Sumba dan Timor Belanda (biasa disebut Timor Barat). (Sumber : Wikipedia).

Siapa Timor Expedition?

Seperti yang sudah saya sebutkan di atas bahwa mereka adalah Putra Putri Daerah yang akan menjelajahi dan mengekspose Nusa Tenggara Timur yang luas ini, dari Destinasi, Budaya serta keunikan yang ada di dalamnya dan banyak hal lainnya.

Seperti yang sudah Anda baca di atas, terkait selayang pandang bahwasannya Nusa Tenggara sangat terdiri dari pulau-pulau dan tentu saja masih banyak tempat yang belum dapat dijangkau dengan kendaraan standar.

Timor Expedition hadir untuk menjelajahinya untuk menunjukkan kepada kita semua potensi pariwisata yang terkandung di dalamnya. Dari namanya saja, kita pasti telah membayangkan, bahwa Expedition menggambarkan sebuah upaya menelusuri dan menemukan sesuatu yang bernilai.

Kurang rasanya jika kita tidak menyebut pihak-pihak terkait berikut yang juga terlibat untuk mendorong agar program Putra Putri Daerah atau Anak Muda Kreatif ini terlaksana. Adapun pihak-pihak yang mendukung antara lain :

  1. Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur
  2. POLDA Nusa Tenggara Timur
  3. Selebriti
  4. dan pihak-pihak lainnya

Alasan Terbentuknya Timor Expedition

Mungkin, beberapa dari Anda jika hanya melihat sepintas lalu pergerakan Timor Expedition hanya sebatas untuk mengeksplore pariwisata potensial dari Nusa Tenggara Timur saja; melainkan juga tergerak untuk membangun “rumah kita bersama yaitu Nusa Tenggara Timur tercinta agar tidak kalah menarik dgn daerah yg lain”.¬†

Inilah juga merupakan salah satu alasan terbentuknya Timor Expedition di Kota Kupang. Kita semua berharap agar Anak Muda Kreatif ini mampu memperkenalkan Nusa Tenggara Timur sehingga semakin banyak orang mengenal dan tertarik untuk berkunjung.

Apa aktivitas Timor Expedition?

Sejauh yang saya ketahui dari Ketua Timor Expedition, Julian bahwa mereka akan melakukan Ekspedisi dengan beberapa tahapan yang disebut dengan capter. Namun karena masih ada kendala karena PPKM sehingga program yang telah dicanangkan harus tertunda sementara. Walau demikian, secara keseluruhan Tim kami telah siap karena kami telah mempersiapkan diri, salah satunya adalah mengikuti prokes seperti Vaksin dan lain-lain.

Nusa Tenggara Timur sangat luas sehingga kami harus membuat strategi yang tepat untuk melaksanakan program kerja kami ini, lanjutnya.

Walaupun secara official belum resmi beraktivitas, namun beberapa dari Tim Timor Expedition telah melakukan jelajah ke beberapa tempat, berikut salah satu foto yang saya dapatkan.

Seperti apa cara baru memperkenalkan Nusa Tenggara Timur Timor Expedition?

Akhirnya kita sampai juga pada inti dari informasi yang saya dapatkan. Untuk kita ketahui bersama bahwa Timor Expedition memiliki Tim yang memang Hobi dengan berpetualang. Beberapa dari mereka memiliki mobil yang mampu menelusuri tempat-tempat yang tidak semua kendaraan mampu melewatinya. Sebagai gambaran, berikut salah satu video dari Instagram Timor Expedition.

Apa itu cara yang tidak biasa? atau cara baru yang saya maksud disini adalah bahwa, umumnya orang mengeksplore tempat-tempat pariwisata yang diutamakan adalah kenyamanan sehingga harus mengetahui tempat yang akan tujui sudah memiliki fasilitas yang medukung kenyamanan mereka atau belum.

Berbeda dengan yang dilakukan oleh Timor Expedition adalah benar-benar mendatangi tempat-tempat yang terbilang ekstream, yang tidak semua orang berminat untuk pergi kesana. Inilah perbedaan dari yang dilakukan oleh Putra Putri Daerah ini.

Mobil Timor Expedition Team

Dengan cara yang seperti ini, akan muncullah berbagai tempat-tempat wisata baru sehingga itu berdampak kepada masyarakat sekitar tempat yang tidak terjangkau tersebut. Informasi yang mereka dapatkan dari tempat-tempat ini selanjutkan akan dipublikasi secara resmi di Platform Digital Resmi mereka baik itu Instagram, YouTube dan Website.

Timor Expedition saat bertemu warga sekitar Fatukoa

Adapun dampak dari Expedisi ini antara lain :

  1. Terbuka akses ke tempat wisata yang tak terjangkau melalui perbaikan jalan atau infrastruktur.
  2. Informasi yang detail terkait tempat yang mereka datangi akan dilaporkan secara lengkap sehingga mempunyai pengaruh terhadap pengambilan kebijakan pemerintah.
  3. Nusa Tenggara Timor semakin dikenal di Indonesia dan Mancanegara

What Nexts?

Yang pasti ada kejutan baru dari lagi dari Timor Expedition ini, saya mimin akan selalu perbaharui informasi yang saya dapatkan dari Timor Expedition.

Bagi kalian penasaran apa saja yang akan dilakukan oleh Timor Expedition ini, jangn lupa untuk ikuti Channel Koe Podcast, karena ada banyak hal yang akan diulas di sana.

Author: Edri Brow

Founder of eastnusatenggara.id  

2 Replies to “Timor Expedition – Cara baru memperkenalkan Nusa Tenggara Timur”

  1. PIETER says: August 18, 2021 at 4:30 am

    MANTAP DAN LUASR BIASA.

    1. Edri Brow says: August 18, 2021 at 7:03 pm

      Makasi banyak Bapa. Salam Hormat

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Budaya Wisata Pantai Kuliner
Budaya Wisata Pantai Kuliner