Sentra Usaha Tenun Ikat – Ina Ndao

Ina Ndao Tenun Ikat

Sekilas Profil Ina Ndao

Sentra Ina Ndao adalah sebuah sentra usaha tenun ikat berskala kecil menengah yang telah didirikan pada dari tahun 1991. Produk yang dihasilkan adalah tenun ikat. Usaha ini diawali dengan menggunakan tenaga kerja dalam rumah tangga/ tenaga kerja keluarga sebanyak 3 orang. Namun berkat kerja keras serta dukungan berbagai pihak terkait, mampu mendorong usaha keluarga ini menjadi sentra tenun (ikat, sotis, dan buna) yang terus berkembang, sehingga sampai dengan tahun 2014 ini mampu menjangkau dan membina UKM yang tersebar di kota Kupang maupun beberapa kabupaten lainnya.

Ina Ndao

Dalam operasionalnya, Sentra Tenun Ina Ndao melaksanakan fungsi teknis dalam mengembangkan tenun motif NTT, dalam rangka memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya daerah, serta menciptakan lapangan kerja. Muara dari semua itu tidak lain adalah meningkatkan pendapatan dan taraf hidup.

Atas prestasi yang diukir, Sentra Ina Ndao telah dipercayakan untuk mengikuti berbagai kegiatan berupa pelatihan, seminar dan pameran mulai dari tingkat regional, nasional bahkan internasional. Selain itu Sentra Ina Ndao juga dipercayakan sebagai penyelenggara pelatihan tenun di NTT oleh pemerintah daerah maupun pihak swasta.

Perkembangan Usaha Ina Ndao

Pada awal berdirinya (ketika masih dalam bentuk Usaha Bersama), jenis produk yang dihasilkan masih terbatas pada selimut, sarung, selendang dan bahan jas dengan motif khusus daerah Rote. Ketika itu jumlah produk yang dihasilkan masih terbatas, dan kualitasnyapun rendah.

Melalui kerja keras serta dukungan Pemda Propinsi NTT dan pihak terkait Sentra Ina Ndao terus berkembang. Jenis produk yang dihasilkan tidak lagi terbatas pada motif Rote, akan tetapi meliputi seluruh etnis yang ada di NTT dengan jumlah dan kualitas yang terus meningkat. Jenis produk yang dihasilkan adalah : Bahan baju, Sarung, Selimut, Pajangan, Selempang, Selendang, Syal, Sejadah hingga Bed cover dan berbagai mode pakaian jadi pria dan wanita dengan volume produksi rata-rata perbulan 1.000 lembar, sedangkan volume penjualan mencapai 75 – 80 % dari volume produksi perbulannya.

Selain pasar lokal (wilayah NTT), sasaran pasar produk Sentra Ina Ndao lainnya adalah Denpasar, Palembang, Surabaya, Jakarta, Yogyakarta dan Papua. Untuk internasional meliputi Jepang, Singapura, Malaysia, dan India.

UMKM Ina Ndao

Dalam rangka memenuhi permintaan pasar, maka pihak manajemen Inda Ndao terus berupaya melakukan berbagai langkah strategis untuk meningkatkan jumlah dan kualitas produk melalui pelatihan, pembinaan dan pendampingan bagi para UKM.

Author: Edri Brow

Founder of eastnusatenggara.id  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Budaya Wisata Pantai Kuliner
Budaya Wisata Pantai Kuliner