Pantai Medo, Semau Utara, Kabupaten Kupang

Pantai Medo di Semau Utara

Destinasi Wisata Terbaru di Pulau Semau

Pulau satu ini merupakan pemenang ke-dua Angurah Pesona Indonesia tahun 2020 Kategori  Destinasi Wisata Baru. Terkenal dengan keindahan pantai berpasir putih yang masih sangat alami dan sepi. Wilayah semau terbagi menjadi dua Kecamatan yakni Semau yang juga dikenal sebagai Semau Utara dan Kecamatan Semau Selatan. Kebanyakan destinasi wisata yang populer dan banyak dikunjungi adalah wilayah selatan. Padahal, bagian utara juga memiliki jejeran pantai berpasir putih yang tak kalah menawan, salah satunya Pantai Medo. Memiliki garis pantai yang cukup panjang, berpasir putih serta air laut jernih kebiruan. Hampir sebagian bibir pantai ditumbuhi oleh jejeran pohon pandan laut yang dapat dijadikan tempat berteduh. Lokasi ini termasuk daerah yang digunakan sebagai tempat pembudidayaan rumput laut, tak heran anda akan menjumpai beberapa rumah nelayan dan lapak kayu untuk menjemur rumput laut.

Bagaimana ke Pantai Medo?

Termasuk dalam wilayah Desa Letbaun, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, Nusa Tenggara Timur. Dari Kota Kupang kita harus menyebrangterlebih dahulu dengan dua pilihan menggunakan Kapal Feri dari Pelabuhan Bolok atau Perahu dari Pelabuhan Tenau. Perbedaanya Kapal Feri pelayarannya memiliki jadwal tertentu sementara perahu ada setiap saat. Jika membawa kendaraan roda dua bisa menggunakan dua armada ini, dengan perbandingan harga Kapal Feri ½ harga Perahu. Namun, jika ingin memiliki waktu lebih banyak untuk explor sebaiknya menggunakan perahu. Pulau Semau memiliki dua pelabuhan rakyat dan satu pelabuhan Feri, umumnya perahu sandar di pelabuhan rakyat. Jarak dari pelabuhan ke Pantai Medo sekitar 10 KM atau 30 menit menggunakan kendaraan pribadi.

Perjalanan saya ke Pantai Medo

Kali ini saya menggunakan pilihan Kapal Feri saat berkunjung dengan menggunakan kendaraan roda dua, biaya kapalnya sebesar Rp. 23.000. Jadwal keberangkatan tertulis 08.00 WITA, namun kapal baru berangkat pukul 11.05 WITA. Dari Pelabuhan Hansisi ambil jalan lurus terus melewati tower, selanjutnya jalan sertu yang sedang dalam pengerjaan hingga tiba di kolam Uiasa. Anda bisa berhenti sebentar dikolam, baru melanjutkan perjalanan sekitar 500-700 meter dari kolam ikuti jalan setapak belokan kiri yang tak terlalu lebar jalannya. Anda akan melewati daerah yang dikenal dengan sebutan padang, dan SD Negeri Letbaun, selanjutnya belok kanan. Lurus terus ikuti jalan hingga tiba dipinggiran pantai sebelah kiri dengan beberapa rumah nelayan rumput laut.

Author: Arianto Selly

I'm just good at being me. So, take me as i am or leave me. Love what I do and Do what I Love Follow MY IG : @Nyonggalang 📍You don't need to be rich to travel 🏚️ Kupang, NTT  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Budaya Wisata Pantai Kuliner
Budaya Wisata Pantai Kuliner