Pantai Batuinan, Semau, Kabupaten Kupang

Pantai Batuinan, Semau, Kabupaten Kupang

Jejeran pantai di Semau

Jejeran pantai di Semau bagian utara juga tak kalah menarik untuk diexplor, apalagi wilayah ini belum banyak dikunjungi dan masih sangat alami. Salah satu yang harus anda kunjungi adalah Batuinan dengan garis pantai cukup panjang dan berpasir putih. Hadirnya pepohonan pandan dipinggir pantai menambah daya tarik ditambah air laut kebiruan yang sangat menarik. Sudah dilengakapi oleh beberapa fasilitas seperti satu lopo dan dua ayunan. Jika dari pelabuhan Hansisi ada objek lain yang dapat anda kunjungi karena satu arah, yakni Gua Bahansalit, Pantai Medo dan Pantai Bahansalit.

Lokasi Pantai Batuinan

Berlokasi di desa Batuinan, Kecamatan Semau, Kabupaten Kupang, NTT. Untuk mencapai objek ini kita harus terlebih dahulu menyebrang dengan Kapal atau Perahu dari Kupang dengan waktu pelayaran sekitar 15-30 menit. Jika membawa kendaraan roda empat dapat menggunakan Kapal dengan jadwal tertentu dari Pelabuhan Bolok. Ada juga pilihan lain dengan menggunakan perahu dari Pelabuhan Tenau, baik untuk penumpang atau kendaraan roda dua dengan tarif Rp. 50.000 untuk satu penumpang dan motor. Meskipun harganya sedikit lebih mahal, namun  menggunakan perahu akan menjadi pilihan terbaik bagi yang ingin memiliki waktu lama untuk explor, apalagi jadwal perahu ada dari pagi hingga malam.

Jarak tempuh ke Pantai Batuinan

Dari Pelabuhan Semau diperluhkan waktu sekitar 45 menit berkendaraan dengan jarak perjalanan sekitar 17 KM. Dari Pelabuhan Hansisi ambil jalan lurus terus melewati tower, selanjutnya jalan sertu yang sedang dalam pengerjaan hingga tiba di kolam Uiasa. Anda bisa berhenti sebentar dikolam, baru melanjutkan perjalanan sekitar 500-700 meter dari kolam ikuti jalan setapak belokan kiri yang tak terlalu lebar jalannya. Anda akan melewati daerah yang dikenal dengan sebutan padang, dan SD Negeri Letbaun, selanjutnya belok kanan. Ikuti jalan ini melewati daerah pinggiran pantai, jalan menanjak dan menurun. Kita akan melewati batas desa yang mengharuskan kita membuka pintu gerbang, melewati SD Batuinan, lalu belok kanan menuju pantai ini.Akses jalan lebih cocok untuk kendaraan roda dua, bukan metik.

Author: Arianto Selly

I'm just good at being me. So, take me as i am or leave me. Love what I do and Do what I Love Follow MY IG : @Nyonggalang 📍You don't need to be rich to travel 🏚️ Kupang, NTT  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Budaya Wisata Pantai Kuliner
Budaya Wisata Pantai Kuliner