Fatumnasi bagaikan Firdaus di Bumi

Fatumnasi adalah salah satu kecamatan di Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS), Provinsi Nusa Tenggara Timur. Fatumnasi berjarak sekitar 40 km kearah Utara Kota Soe (Ibu Kota Kabupaten TTS) dan dapat ditempuh kurang lebih 40 sampai 50 menit.

Pesona Fatumnasi

Memasuki Kecamatan Fatumnasi mata kita disuguhkan dengan bentangan padang rumput, hutan pinus dan bebukitan di kanan dan kiri jalan. Udaranya sangat segar sehingga banyak wisatawan yang berbondong-bondong ke sini setiap akhir peka tiba.

Gerombolan Kuda di Fatumnasi
Gerombolan Kuda di Fatumnasi

Hutan pinus dan padang rumput ini menjadi tempat bagi sapi-sapi dan kuda yang bebas berkeliaran di tempat ini. sebuah pemandangan alam yang menyejukan mata. Kontur wilayah yang berbukit menjadikan tempat ini memiliki banyak spot untuk mengabadikan pengalaman berwisata di sini.

Padang Rumput di Fatumnasi
Padang Rumput di Fatumnasi

Pilihan tempat wisata di Fatumnasi

Kecamatan Fatumnasi punya beberapa lokasi wisata andalan, antara lain Hutan Bonsai Fatumnasi, Gunung Mutis,Fatu Nausus, Danau Nefo Kaenka,Benteng Dua Puteri,Bukit Nubui, Batu Kolen. Namun kali ini saya hanya mengulas sedikit tentang kawasan hutan pinus di sekitar poros utama wilayah ini.
Di poros utama ini hutan pinus berada di kiri dan kanan jalan, padang rumput yang luas, dan kemudahan akses menjadikan tempat ini sangat nyaman bagi keluarga. Bagi wisatawan yang ingin menikmati wisata alam tanpa harus melalui rintangan ekstrim, tempat ini adalah pilihan yang cocok.
Jika datang pada pagi hari maka kita juga akan melihat aktifitas warga dan tentunya dapat berinteraksi dengan mereka. Keramahan masyarakat  menjadi salah satu kunci betahnya wisatawan untuk berlama-lama di tempat ini.

Suhu Udara di Fatumnasi

Bagi yang ingin berkunjung ke sini diharapkan membawa jaket atau pakaian yang tebal, karena suhu udara di tempat ini relatif lebih rendah. apalagi jika ke tempat ini pada rentang bulan November sampai Maret, dimana wilayah ini sudah mulai memasuki musim hujan. Bahkan kadang tempat ini sering diselimuti kabut tebal dengan jarak pandang yang sangat terbatas.
Anak Sekolah di Fatumnasi
Anak Sekolah di Fatumnasi

Tempat Penginapan di Fatumnasi

Bagi wisatawan yang ingin menginap di tempat, kalian bisa menyewa homestay Lopo Mutis milik Bapak Mateos Anin. Homestay yang disediakan sangat menarik karena menggunakan konsep rumah tradisional masyarakat timor yaitu Lopo, yang terbuat dari alang alang dan bisa menampung 3 hingga 5 orang dalam satu kamar. Pemilik yang juga merupakan salah satu Tokoh Adat dan Juru Kunci Kawasan Cagar Alam Mutis ini biasanya tidak mematok harga khusus untuk setiap kamarnya, Namun pengalaman saya waktu ke tempat ini saya memberikan uang “sirih pinang” sebesar Rp. 200.000 untuk satu kamar sebagai wujud terima kasih dan diterima dengan senang hati oleh bapak Mateos Anin.
Foto salah satu teman perjalanan saya, Ibu Tari, seorang fotografer, yang datang jauh-jauh dari Jakarta untuk menikmati alam Fatumnasi. Foto bersama Bapak Mateos Anin dan Istri di depan salah satu
Foto salah satu teman perjalanan saya, Ibu Tari, seorang fotografer, yang datang jauh-jauh dari Jakarta untuk menikmati alam Fatumnasi. Foto bersama Bapak Mateos Anin dan Istri di depan salah satu
Mari ajak keluarga dan kenalan anda untuk berwisata di Fatumnasi, lokasi wisata yang cocok untuk keluarga, juga sangat layak untuk dijadikan lokasi wisata edukasi dan budaya.

Author: Adhyt Naavv

Public Relation of eastnusatenggara.id .Fotografer Profesional  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Budaya Wisata Pantai Kuliner
Budaya Wisata Pantai Kuliner