Explore Air Tagepe #TTSKU #FIRDAUSKU

Air Tagepe Kabupaten Timur Tengah Selatan

Timor Tengah Selatan, merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Nusa Tenggara yang dikenal dengan suhu udara yang super duper dingin. Namun, apakah kalian tahu bahwa Timor Tengah Selatan juga memiliki objek tempat wisata yang begitu indah dan mempesona? Salah satunya adalah Air Tagepe, meskipun adalah pula yang menyebutnya Tebing Tagepe.

Mengenal Air Tagepe

Air Tagepe merupakan salah satu objek wisata yang diminati oleh anak-anak milenial karena meawarkan pemandangan yang alami. Waktu saya mengexplore tempat ini, tepat Selasa, 20 Juli 2021 tidak terlalu banyak wisatan yang saya temui. Hanya ada beberapa anak-anak muda saja yang datang untuk berekreasi menikmati sejuknya Air Tagepe. Saya sempat bertanya kepada mereka : Mengapa tempat ini namanya Air Tagepe? mereka dengan spontan menjawab : mungkin karena ada di antara dua tebing.

Tidak banyak informasi yang saya dapatkan terkait Air Tagepe; semoga ada literatur yang menulis tentang sejarah dan legenda dari tempat ini.

Air Tagepe adalah Surga yang tersembunyi

 

Lokasi Air Tagepe

Bagi Anda yang tertarik berkunjung Air Tagepe, kalian dapat mengunjungi lokasinya yang terletak di Desa Noinbila kecamatan Mollo Selatan, kabupaten Timor Tengah Selatan, NTT. Jika kalian memulai perjalanan dari kota Soe, maka kalian akan menempuh perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 10 km perjalanan.

Kebetulan waktu itu saya datang ke tempat ini menggunakan sepeda motor dan waktu jarak tempuh ke tempat ini kurang lebih 30 menit dari Kota Soe karena akses ke tempat ini 70% jalanannya aspal mulus.

Daya Tarik Air Tagepe

Pertanyaannya adalah mengapa Anda harus kesana? Berikut ini adalah alasan mengapa Anda harus mengunjungi tempat ini :

  1. Sungai yang bersih : Sungai Air Tagepe terbilang bersih dan sejuk. Saat tiba, rasa capek hilang semua karena bisa langsung menikmati kesegaran air.
  2. Lingkungan masih Alami : Bagi kalian yang pertama kali tiba di tempat ini, kalian langsung disambut dengan udaranya yang sejuk, mengingat tempat ini berada di antara pepohonan.
  3. Potensi untuk berkemah : Mengapa demikian, karena ada setidaknya beberapa meter persegi tempat yang rata yang cukup untuk dijadikan tempat berkemah. Walau demikian, saya perlu tegaskan agar Anda jangan buang sampah sembarang di sini.

Air Tagepe cocok untuk berkemah

Tenun Tenun di Pintu Masuk Air Tagepe

Saat menemukan Air Tagepe, saya tertarik untuk melihat seorang Ibu Penenun. Ibu ini bernama Yakomina. Peralatan yang digunakan untuk menenun terbilang sederhana dan indentik dengan tradisionalnya. Kain yang dibuat memakan waktu 4 minggu atau 1 bulan pengerjaan dan setelah selesai maka akan dijual ke pasar.

Bagi Anda yang datang ke tempat ini, jangan lupa untuk mengunjungi tempat ini juga yah. Mengapa? Selain mencari nafkah, Ibu Yakomina juga sudah melestarikan budaya Timor Tengah Selatan

Harga Tiket masuk

Adapun harga tiket masuk ke tempat wisata ini terbilang murah; Sepeda Motor : Rp. 5.000 dan Mobil 10.000,-. Jadi, Anda tidak perlu kuatir yang teman bila akan datang tempat ini karena emang super murah.

Author: Edri Brow

Founder of eastnusatenggara.id  

Leave a Reply

Your email address will not be published.

You may use these <abbr title="HyperText Markup Language">html</abbr> tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>

*

Budaya Wisata Pantai Kuliner
Budaya Wisata Pantai Kuliner